Hasanudin
Unduh Aplikasi

Air Terjun Blang Kolam, Pesona Tersembunyi di Pedalaman Aceh Utara

Air Terjun Blang Kolam, Pesona Tersembunyi di Pedalaman Aceh Utara
Suasana di lokasi air terjun Blang Kolam, Aceh Utara. Dokumen Wartawan Foto, Rahmad.

ACEH UTARA – Air terjun Blang Kolam, adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Aceh Utara, tepatnya di Gampong Panton Rayeuk Satu, Kecamatan Kuta Makmur. Meskipun lokasi air terjun tersebut terletak di kawasan perdalaman, namun pengunjung dan wisatawan ramai, menghabiskan akhir pekan dan hari libur mereka ke tempat itu.

Air terjun Blang Kolam, merupakan destinasi tersembunyi di Kabupaten Aceh Utara. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Berada di tengah-tengah alam yang sangat sejuk dan masih asri sekali, sehingga menjadikan sensasi dan menciptakan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

Karena lokasi wisata air terjun tersebut sangat jarak dengan pusat kota. Sejumlah wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi itu biasanya sering menyewa angkutan umum atau labi-labi bersama keluarga dan teman-teman mereka. Dan ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi seperti roda empat dan sepeda motor.

Untuk menuju ke air terjun tersebut, wisatawan harus menuruni seratusan anak tangga. Setelah tiba di bawah tepatnya di air terjun yang dituju tersebut. Nah, disinilah wisatawan bisa mendengarkan suara gemuruh air yang sangat langka dan indah jika dinikmati, hal itu tentu memikat daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung.

Di lokasi tempat wisata ini, wisatawan juga bisa berenang juga bermain air, bersantai duduk di atas bebatuan sembari menikmati keindahan panorama alam hutan yang hijau, air yang sejuk lagi bening dan juga melihat air mengalir dicelah-celah bebatuan yang sangat menawan.

Untuk menuju ke air terjun tersebut bagi anda yang berasal dari luar daerah bisa langsung menuju daerah Cunda. Dari sini, anda bisa melihat penunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Blang Kolam. Anda juga bisa menempuh perjalanan melalui Krueng Geukuh ataupun dari

Setelah anda tiba di lokasi, anda harus memarkirkan kendaraan anda bagi yang menggunakkan kendaraan pribadi. Untuk motor diberi harga Rp 10 ribu dan untuk mobil atau kendaraan roda empat diberi harga Rp 20.000. Memang cukup mahal, tetapi keamanannya tetap terjaga.

Dari tempat parkir ini, anda bisa melihat sebuah gerbang yang akan membawa anda menuju Air Terjun Blang Kolam. disinilah anda harus menuruni seratusan anak tangga yang di buat pada tahun 70an untuk mencapai air terjun. Memang terkesan sangat melelahkan, tetapi, pemandangan alam selama perjalanan bisa membuat anda bersemangat dan sampai di air terjun.

Salah seorang pengunjung asal Gampong Langkahan, Bakhtiar mengatakan, dirinya baru pertama kali berkunjung ke lokasi objek wisata itu. Menurutnya, air terjun tersebut sangat cocok untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga dan sahabat.

"Tempatnya sangat indah, namun jika Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mau mengelola air terjun ini, mungkin akan lebih menarik lagi untuk dikunjungi," ungkapnya kepada AJNN.

Nah bagi anda yang ingin menghabiskan hari libur dan akhir pekan, ayok ke objek wisata air terjun Balng Kolam di perdalaman Aceh Utara. Lokasinya juga sangat berdekatan dengan air terjun rayap yang juga ada di kawasan gampong tersebut.

Adi Maros

Komentar

Loading...