Unduh Aplikasi

Aceh Election Club bahas kualitas jalannya Pilpres 2014 di Aceh

Aceh Election Club bahas kualitas jalannya Pilpres 2014 di Aceh
AEC
BANDA ACEH – Kualitas demokrasi di Indonesia masih belum menggembirakan. Pelaksanaan Pemilu kerap dibarengi dengan pelanggaran-pelanggaran. Pelakunya juga beragam mulai dari kontestan Pemilu hingga penyelenggara. Bahkan terkadang aparat penegak hukum tak bisa bersikap netral.

Hal itu disampaikan Aryos Nivada, Project Officer Aceh Institute untuk program Pilpres The Asia Foundation kepada AJNN, Kamis (19/6). Karena itu kata dia perlu ada upaya untuk mendorong pelaksanaan Pilpres 2014 menjadi lebih demokratis.

“Selain itu diperlukan kontrol publik terhadap proses awal hingga akhir jalannya Pilpres,” ujarnya.

Salah satu caranya melalui kegiatan Aceh Election Club (AEC) yang dilakukan oleh Aceh Institute sebagai kompanen masyarakat sipil. AEC ini sebuah forum yang menghadirkan stakeholder terutama sekali para pengambil kebijakan dalam kesuksesan jalannya Pilpres di Aceh maupun partai dan elemen masyarakat sipil lainnya.

Kegiatan ini sudah berlangsung tiga kali, pada setiap pertemuan mendiskusikan isu demokrasi. Rencana kegiatan ini berlangsung selama delapan bulan terhitung Maret hingga November.

Kegiatan AEC selanjutnya dilakukan pada Sabtu, 21 Juni 2014 di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh. Kata Aryos tema yang akan dibahas sikap penyelanggara Pilpres terhadap pelanggaran, black campaign, netralitas PNS dan TNI/Polri dalam pelaksanaan Pilpres.

“Capaian yang diharapkan bagi penyelenggara harus komit dan tunduk terhadap aturan yang sudah ditetapkan. Sementara untuk PNS dan TNI/Polri dilarang terlibat dalam politik praktis dan tim sukses agar tidak melakukan tindakan black campaign,” tambahnya.

Jumlah peserta yang hadir diperkirakan 35 orang terdiri dari unsur penyelenggara Pilpres, tim sukses Capres, aparat keamanan, media dan masyarakat sipil.

ZULIA JM
Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...