Unduh Aplikasi

Aceh Butuh Pusat Onkologi

Aceh Butuh Pusat Onkologi
Ilustrasi: fast company

PEMERINTAH Aceh harusnya memberikan perhatian lebih pada rencana manajemen Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin. Manajemen rumah sakit itu berharap dapat segera memiliki fasilitas onkologi. Fasilitas ini rencananya dipusatkan di Gedung Oncology Centre.

Permintaan itu tak berlebihan jika melihat tren peningkatan jumlah penderita kanker di Aceh. Setiap tahun, seribuan penderita kanker terpaksa menjalani perawatan di luar Aceh, bahkan ke luar negeri, untuk menyembuhkan kanker yang mereka derita.

Penyakit ini tak mengenal kelas. Untungnya Pemerintah Aceh memberikan fasilitas tambahan kepada penderita kanker miskin yang tak dapat ditangani di Aceh untuk berobat di luar daerah.

Untuk menanggung biaya itu, uang yang harus dikeluarkan Pemerintah Aceh mencapai Rp 5 juta. Uang itu hanya digunakan sebagai biaya transportasi. Pasien juga dibebani dengan biaya lain yang dihabiskan selama proses perobatan.

Rencana pembangunan gedung ini dua kali gagal dilaksanakan. Manajemen rumah sakit dua kali memutus kontrak perusahaan pemenang karena bermasalah. Dua pemenang masuk daftar perusahaan hitam.

Seperti dilansir WHO, kanker tercatat sebagai penyakit mematikan nomor dua setelah kardiovaskular; stroke dan penyakit jantung. Tak heran jika saat ini, penanganan kanker mendapatkan tempat khusus. Dan onkologi merupakan bidang khusus yang menangani pencegahan dan pengobatan kanker.

Keberadaan pusat onkologi di Zainoel Abidin diharapkan dapat membantu penderita kanker mendapatkan perawatan menyeluruh agar sembuh. Mulai dari kemoterapi, radioterapi, dan pembedahan.

Kelak, jika pusat onkologi ini berdiri, penanganan penyakit kanker yang diderita seseorang akan semakin mudah dipantau dan disembuhkan. Apalagi melihat sifat penyakit ini, semakin cepat diagnosis semakin tinggi peluang penyembuhan, maka keberadaan pusat onkologi di Aceh menjadi sebuah kebutuhan.

Tahun 2019 ini manajemen Zainoel Abidin kembali mengusulkan pembangunan Gedung Oncology Center. Kita tentu berharap agar pencarian terhadap perusahaan yang berkompeten untuk mewujudkan keberadaan pusat onkologi ini benar-benar bisa dilaksanakan tahun ini. Dengan demikian, penanganan penyakit kanker dapat lebih optimal dan murah bagi masyarakat. Karena kesehatan adalah pelayanan dasar yang harus diberikan oleh negara.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...