Unduh Aplikasi

Abai Mengurus Makam Raja

Abai Mengurus Makam Raja
Ilustrasi: history of aceh

PEMERINTAH Kota Banda Aceh harus menyetop proyek pembangunan yang mengancam puluhan makam ulama dan raja-raja Aceh di Gampong Pande. Langkah ini harus segera diambil agar nisan yang ada tidak terkubur dan menghilang dari jejak peradaban.

Urusan di Gampong Pande ini seperti tak pernah tuntas. Beberapa waktu lalu, makam ulama dan raja Aceh ini digusur oleh proyek pembangunan penyimpanan limbah. Dan kini, makam tersebut kembali terancam oleh pembangunan yang sembrono.

Para pemerhati sejarah berulang kali menyampaikan kritik terkait buruknya penanganan makam bersejarah ini. Mereka pun berusaha menyelamatkan makam tersisa tanpa dukungan dari pemerintah. Parahnya, langkah seadanya ini tidak digubris. Makam penting jejak sejarah peradaban Aceh itu semakin terancam.

Pemerintah jangan pula menganggap remeh hal ini. Di banyak daerah dan negara, hal-hal yang dianggap tak penting, seperti makan raja, adalah aset penting yang berpotensi mendatangkan banyak orang. Entah itu wisatawan atau sejarawan.

Bahkan dengan dukungan pemerintah, situs penting itu bisa menjadi objek wisata yang mendunia. Apalagi Kerajaan Aceh memiliki jejak sejarah panjang yang penting bagi perkembangan Islam di nusantara dan Asia Tenggara. Keberadaannya akan menjadi magnet dan mendorong anak-anak Aceh untuk mempelajari sejarah mereka.

Perkara lokasi pembangunan yang telah ditetapkan, harusnya pemerintah tidak terlalu kaku. Ada banyak hal yang bisa diubah atau dimodifikasi. Tentu saja harus mengeluarkan dana tambahan. Namun itu akan sebanding dengan langkah penyelamatan situs penting yang tersisa dari Kerajaan Aceh.

Seharusnya pemerintah menghentikan seluruh proyek yang ada di sekitar lokasi makam. Ini adalah langkah yang logis untuk menyelamatkan makam dari kepunahan. Karena pembangunan yang dilakukan di kawasan itu jelas tidak melewati kajian-kajian panjang dan bertentangan dengan upaya mendorong pariwisata Banda Aceh menjadi lebih gemilang.

Komentar

Loading...