Unduh Aplikasi

4 Nama Tokoh Ini Disebut-sebut Jadi Calon Menteri Jokowi

4 Nama Tokoh Ini Disebut-sebut Jadi Calon Menteri Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Merdeka

JAKARTA - Sebagai capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan kabinet baru. Jokowi pun membeberkan Kabinet Kerja Jilid II ke depan akan fokus pada tiga hal. Yaitu penguatan fondasi pada penyelesaian proyek infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, dan reformasi birokrasi.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Arya Sinulingga meyakini Presiden Jokowi akan menarik orang-orang profesional dalam Kabinet Kerja jilid kedua itu. Menurut Arya, kriteria tersebut yang dicari Jokowi untuk membantunya pada periode kedua.

"Yang penting profesional pasti," ujar Arya.

Namun hingga saat ini, Jokowi belum mengeluarkan pernyataan resmi perihal nama calon menteri di Kabinet Kerja jilid kedua. Arya mengatakan nama itu hanya diketahui Jokowi seorang.

"Pak Jokowi pasti udahlah, sudah ada. Sudah dikantongi, beliau mempertimbangkan banyak hal. Itu aja sih," kata dia.

Diet untuk orang malas! Perut dan bokong kempis dalam 3 hari
Meski belum ada pernyataan resmi dari Jokowi, beberapa waktu ke belakang sudah ada beberapa tokoh yang disebut-sebut kuat bakal jadi calon menteri. Simak informasinya berikut ini, seperti dirangkum brilio.net dari merdeka.com dan beberapa sumber lainnya, Selasa (18/6).

1. Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Bahlil Lahadalia sempat ramai jadi perbincangan. Hal itu lantaran Bahlil sempat disebut cocok jadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. Bahlil langsung disebut oleh Presiden Jokowi.

"Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi disambut tepuk tangan, para undangan di Ballroom Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

2. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) santer disebut bakal masuk dalam kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin. Ini lantaran AHY kerap mondar mandir bertemu Jokowi di Istana Negara.

Kogasma Partai Demokrat ini dianggap layak menjadi calon menteri karena memiliki banyak prestasi. Jokowi sendiri membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY.

"Yang muda-muda, ini juga akan kita berikan ruang di kementerian. Nanti lihatlah yang muda-muda," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah nama AHY termasuk?

"Kenapa tidak?" jawab Jokowi.

3. Adian Napitupulu

Saat menghadiri acara halal bi halal aktivis 98, capres petahana Jokowi tiba-tiba membuat riuh seisi ruangan. Jokowi menyebut jika aktivis 98 belum ada yang duduk menjadi menteri.

Sontak saja para aktivis menyerukan nama Adian Napitupulu yang dianggap layak menjadi menteri Jokowi pada Kabinet Kerja Jilid II. Meski nama Adian ramai disebut, namun Jokowi enggan menyebut nama siapa yang akan cocok menjadi Menteri dari aktivis 98.

"Saya tidak ingin menyebut nama dulu, tapi tadi ada yang nyebut Adian Adian, saya tidak ingin menyebut nama, inisial pun saya nggak mau (sebutkan)," ucap Jokowi.

4. Sandiaga Uno

Nama Sandiaga Uno juga santer dibicarakan bakal masuk ke dalam kabinet menteri Jokowi jilid II. Meski menjadi rival dalam Pilpres 2019, namun belakangan nama Sandi santer disebut bakal mengisi kursi menteri Jokowi.

Jokowi yang ditanya peluang Sandiaga masuk dalam kabinetnya memberikan jawaban mengejutkan.

"Ya kenapa tidak?" ujar Jokowi yang kemudian tertawa saat ditanya peluang Sandi masuk dalam kabinet.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...