Unduh Aplikasi

10 Kabupaten/Kota Terima Penghargaan Inovativ dari Kemendagri

10 Kabupaten/Kota Terima Penghargaan Inovativ dari Kemendagri
Mendagri Tjahjo Kumolo saat menyerahkan penghargaan di malam Innovative Government Award (IGA) tahun 2018 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (7/12/2018) .Photo: Ist

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang dinilai sebagai daerah terinovativ di Indonesia sepanjang tahun 2018. Penghargaan diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo saat malam Innovative Government Award (IGA) tahun 2018 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (7/12/2018) kemarin.

Adapun daerah-daerah yang mendapat penghargaan untuk kategori provinsi yakni : Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Bali. Sedangkan kategori kabupaten diantarannya Banyuwangi, Padang Pariaman, Gresik, Banggai, Musi Rawas, Klungkung, Pacitan, Kulon Progo, Sidoarjo, Agam, Pulau Morotai, Situbondo, Pelelawan, dan Belu.

Dan 10 kota yang mendapatkan penghargaan diantaranya: Surabaya, Bogor, Bandung, Makassar, Malang, Solok, Magelang, Surakarta, Mataram dan Bontang. Tjahjo mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang telah menyelenggarakan malam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2018.

" Selamat kepada penerima penghargaan IGA tahun 2018. Dari catatan Kemendagri setiap tahun tidak lebih dari 27 kementerian/lembaga, termasuk media massa memberikan penghargaan kepada daerah. 27 itu dari sisi Kemendagri ada 9 masuk kategori yang terseleksi terbaik dan akan mendapatkan Parasmya Purnakarya Nugraha,” ujar Tjahjo.

Pemberian penghargaan kata Tjahjo merupakan moment kebangkitan bangsa Indonesia karena daerah-daerah telah melahirkan inovasi unggulan yang dinilai bermanfaat bukan hanya bagi daerah tetapi turut berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“ Inovasi-inovasi ini merupakan cikal bakal meningkatnya daya saing daerah yang terakumulasi menjadi peningkatan daya saing nasional. Daya saing Indonesia secara global tahun ini berada pada posisi ke-36 dari 137 negara dari sebelumnya diposisi ke-41,” ujar Tjahjo.

Dalam kesempatan itu Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada tiga pemerintah daerah berdasarkan klaster yang telah ditetapkan melalui Permendagri Nomor 104 tahun 2018 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan insentif daerah.

Ketiga klaster yakni klaster daerah tertinggal, klaster daerah perbatasan dan pemerintah daerah klaster Papua dan Papua Barat yang berhasil melakukan inovasi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi daerah.

Sementara itu Kepala Pusat Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Safrizal Za mengatakan melalui UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah disusun pengaturan tentang inovasi daerah. Peraturan itu kemudian dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Didalamnya kata Safrizal, terkandung semangat, menumbuhkembangkan inovasi daerah di segala sektor atau urusan pemerintahan konkuren dengan mengakomodir inovasi.Penyelenggaraannya dibina Kementerian Sektor dan LPNK yang bersinergi dalam sebuah sistem yang saling menguatkan.

" Semanta kedua, memotivasi semua daerah berlomba-lomba melahirkan inovasi-inovasi di daerah yang kemudian dikompetisikan dalam ajang IGA. Dan ketiga ancaman hukuman bagi penyelenggara inovasi daerah sudah diberikan perlindungan hukum dalam peraturan ini," ujar Safrizal.

Safrizal menambahkan kemendagri telah melaksanakan input data penilaian indeks inovasi oleh 286 daerah dari total inovasi yang 3.718 inovasi daerah yang terdaftar.

" Untuk menjamin kredibilitas hasil penilaian nominator, penilaian telah melalui tahapan verifikasi lapangan dan penilaian di hadapan para tim penilai dari Kemenristekdikti, Kemenpan-RB, Kemenkominfo, LIPI, LAN, dan dari unsur independen," ungkap Safrizal.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...